Mengapa kita harus bersabar

Bab tentang sabar

Sabar adalah suatu sikap yang sangat dicintai oleh Allah dan Rasul-Nya, dan merupakan salah satu sikap utama. Dengan bersikap sabar maka kita berpotensi untuk mendapat pahala yang tak terbatas dari Allah subhanahu wa ta'ala. Allah selalu beserta orang-orang yang sabar. Allah akan menguji kita untuk membedakan apakah kita termasuk orang yang sabar atau tidak. Pertolongan Allah dapat diperoleh dengan bersikap sabar dan mengerjakan sholat.

Pada tulisan kali ini akan dijabarkan keutamaan dan perintah untuk selalu bersikap sabar menurut ayat-ayat Al Quran dan hadits Nabi Muhammad sholallahu 'alaihi wa salam yang diambil dari terjemahan kitab Riyadhus Shalihin karya Imam An Nawawy.

Keutamaan sabar menurut Al Quran

Allah Ta'ala berfirman yang artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu itu."
(Al Quran surat Ali Imran (3) ayat 200)

Allah Ta'ala berfirman yang artinya: "Sungguh akan Kami berikan cobaan kepada kamu sekalian dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan berikanlah kabar gembira bagi orang yang sabar."
(Al Quran surat Al Baqarah (2) ayat 155)

Allah Ta'ala berfirman yang artinya: "Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas."
(Al Quran surat Az Zumar (39) ayat 10)

Allah Ta'ala berfirman yang artinya: "Tetapi orang yang bersabar dan mau memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) semacam itu termasuk perbuatan-perbuatan yang sangat utama."
(Al Quran surat Asy Syuuraa (42) ayat 43)

Allah Ta'ala berfirman yang artinya: "Mohonlah pertolongan (untuk) kamu sekalian (kepada Allah) dengan sabar dan mengerjakan sholat. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang bersabar."
(Al Quran surat Al Baqarah (2) ayat 153)

Allah Ta'ala berfirman yang artinya: "Sungguh Kami benar-benar akan menguji kamu sekalian agar Kami mengetahui orang-orang yang berjuang dan orang-orang yang sabar di antara kamu sekalian."
(Al Quran surat Muhammad (47) ayat 31)

Ayat-ayat yang menyuruh untuk berlaku sabar dan yang menerangkan keutamaan sabar banyak terdapat di dalam Al Quran.

Keutamaan sabar menurut hadits Nabi Muhammad sholallahu 'alaihi wa salam

  1. Dari Abu Malik Al Harits bin 'Ashim Al Asy'ari ra. berkata, Rasulullah Muhammad sholallahu 'alaihi wa salam bersabda: "Suci adalah sebagian dari Iman, Alhamdulillah (bersyukur) dapat memenuhi timbangan, Subhanallah dan Alhamdulillah dapat memenuhi atau memenuhi apa yang ada di antara langit dan bumi. Shalat itu adalah cahaya, sedekah itu adalah bukti iman, sabar itu adalah pelita dan Al Quran itu adalah hujjah (dasar yang kuat/argumentasi) terhadap apa yang kamu sukai ataupun terhadap apa yang tidak kamu sukai. Semua orang pada waktu menjual dirinya, ada pula yang membebaskan dirinya, dan ada pula yang membinasakan dirinya."
    (Hadits riwayat Imam Muslim)
  2. Dari Abu Sa'id Sa'd bin Malik bin Sinan Al Khudry ra. bahwasanya ada beberapa orang sahabat Anshar meminta kepada Rasulullah Muhammad sholallahu 'alaihi wa salam maka beliau memberinya, kemudian mereka meminta lagi dan beliaupun memberinya sehingga habislah apa yang ada pada beliau. Ketika beliau memberikan semua yang terdapat di tangannya, beliau bersabda kepada mereka: "Apapun kebaikan yang ada padaku tidak akan aku sembunyikan pada kalian. Barang siapa yang menjaga kehormatan dirinya maka Allah pun akan menjaganya. Barangsiapa yang menyabarkan dirinya maka Allah pun akan memberikan kesabaran padanya. Dan seseorang itu tidak akan mendapatkan anugrah yang lebih baik atau lebih lapang melebihi kesabaran."
    (Hadits riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim)
  3. Dari Abu Yahya Shuhaib bin Sinan ra. berkata: "Rasulullah Muhammad sholallahu 'alaihi wa salam bersabda: "Memang sangat menakjubkan keadaan orang mukmin itu, karena segala urusannya sangat baik baginya dan itu tidak akan terjadi kecuali bagi seseorang yang beriman, apabila dia mendapatkan kesenangan maka ia bersyukur yang mana hal tersebut tentu sangat baik baginya, dan apabila ia tertima kesusahan iapun bersabar maka yang demikian itu sangat baik baginya."
    (Hadits riwayat Imam Muslim)

Kesimpulan

Beberapa kesimpulan dasar yang dapat kita peroleh dari keutamaan sabar dan anjuran untuk selalu bersikap sabar menurut Al Quran dan Hadits adalah sebagai berikut:

  1. Sabar adalah suatu sikap yang sangat dicintai oleh Allah dan Rasul-Nya, dan merupakan salah satu sikap utama.
  2. Dengan bersikap sabar maka kita berpotensi untuk mendapat pahala yang tak terbatas dari Allah subhanahu wa ta'ala.
  3. Allah selalu beserta orang-orang yang sabar.
  4. Allah akan menguji kita untuk membedakan apakah kita termasuk orang yang sabar atau tidak.
  5. Pertolongan Allah dapat diperoleh dengan bersikap sabar dan mengerjakan sholat.
  6. Menjaga kehormatan diri dan bersikap sabar lebih utama dibandingkan dengan meminta-minta. Karena perbuatan meminta-minta menunjukkan sikap malas dan tidak mau berusaha serta tidak sabar atau tergesa-gesa dalam mencari rizki.


Semoga bermanfaat, dan semoga kita termasuk ke dalam orang-orang yang bersabar.

Seri terjemahan kitab Riyadhus Shalihin ke dalam bahasa Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa kita harus niat dan ikhlas dalam beramal?

Ukuran Satuan Kilogram akan Didefinisikan Ulang oleh Ilmuwan Metrologi